Cara mengobati jerawat di dada dan punggung cowok atau pria - Gosion Men's Clinic

Cara mengobati jerawat di dada dan punggung cowok atau pria

4 bulan yang lalu      Konsultasi

Pertanyaan 1 : Fathur 

Permisi Dok, Saya remaja Pria berusia 18tahun , Wajah saya mulai berjerawat sejak usia 14 tahun (Kelas 2 SMP) , dan sampai skrg jerawatnya masih tubuh tapi tdk sebanyak dulu,hanya sdh begitu bnyk meninggalkan bopeng dan noda hitam yg membuat saya tdk pede. Saya sdh 3 tahun belakangan ini bagian belakang tubuh saya (punggung dan pundak) mulai berjerawat juga bahkan tak jarang bernanah seperti bisul kecil2 dibeberapa tempat dan meninggalkan bekas hitam , Skrg Dada dan bahu saya mulai ditumbuhi jerawat juga , hampir semua bagian berbekas dan membuat saya tak pede untuk membuka baju atau berenang di pemandian umum . Saya ingin bertanya apa penyebabnya mengapa sampai hampir seluruh bagian tubuh saya berjerawat dan meninggalkan bekas? Tolong apakah ada solusi untuk menyembuhkannya atau setidaknya mengurangi, karena sudah bertahun-tahun jerawat2 ini membuat saya menjadi tdk pede. Tolong bantuan ,Solusi dan penjelasannya dok . Terimakasih

Jawaban :

Halo, Jerawat dapat tumbuh di bagian lain selain wajah, termasuk punggung dan dada. Timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh penumpukan minyak, kotoran, sel-sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Di punggung juga terdapat banyak kelenjar sebasea penghasil sebum, akibatnya dapat terjadi jerawat. Beberapa keadaan berikut ini akan meningkatkan risiko seseorang terkena jerawat:

  • perubahan hormon, seperti masa pubertas, ibu hamil dan menyusui serta menggunakan KB
  • pengaruh genetik, jika ada keluarga yang terkena jerawat, seseorang lebih berisiko
  • memiliki kulit berminyak

Penanganan jerawat dapat dilakukan dengan obat oles yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat. Penggunaan sabun yang mengandung sulfur juga dapat membantu. Noda hitam atau bopeng dapat diatasi dengan berbagai macam terapi, seperti dermabrasi, laser, chemical peeling, mesotherapy, yang dapat Anda konsultasikan ke dokter kulit. Obat-obatan lain seperti antibiotik, isotretinoin juga dapat diberikan, umumnya dengan resep dari dokter. Jika obat-obatan biasa tidak membantu atau jerawat tersebut tidak ada perbaikan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Anjuran untuk Anda:

  • menghindari makanan pemicu jerawat
  • menjaga kebersihan seluruh tubuh, diantaranya dengan segera mandi setelah aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat
  • menghindari penggunaan tas punggung
  • memakai pakaian yang berbahan serat alami, bukan wol
  • rajin mengganti seprai tempat tidur
  • hindari menggaruk atau memencet jerawat

Semoga terbantu.




Komentar Artikel "Cara mengobati jerawat di dada dan punggung cowok atau pria"